Kategori

Sabtu

Fakta Terbaru Tentang Planet Mars! Wajib di Baca.


Mars merupakan planet terdekat ke - 4 dari Matahari, Mars memang menarik untuk diperhatian oleh manusia sejak dulu dan selalu menjadi bahan perbincangan para ilmuan dan astronom, Ilmuwan NASA saat ini sedang giat-giatnya meneliti dan menelusuri planet Mars yang digadang-gadang dapat menjadi planet tempat tinggal manusia selain Bumi.

Planet Mars
Berikut ini adalah fakta fakta terbaru tentang planet mars, yang menarik dan perlu anda ketahui.



1. Sunset Di Planet Mars.

Sunset merupakan salah satu momen yang sangat indah dan sering ditunggu-tunggu kejadiannya. Namun, apa yang membuat sunset di Mars dan di Bumi berbeda? Apabila kita mengetahui sunset di Bumi berwarna orange, sunset di planet Mars justru berwarna biru. Hal ini terjadi karena jarak antara planet Mars dan matahari yang jauh sehingga mengurangi intensitas cahaya matahari.





2. Satu Tahun Di Mars.

Apabila kita mengetahui satu tahun di Bumi adalah 365 hari, maka agan harus mengetahui bahwa satu tahun di Mars sama dengan 687 hari. Hal tersebut berarti planet Mars mengorbit matahari selama 687 hari dengan waktu rotasi 25,62 jam.








3. Gunung Tertinggi Di Tata Surya.

Bukan gunung Everest bukan gunung Jayawijaya, gunung ini merupakan gunung tertinggi yang pernah tercatat dalam sejarah di seluruh tata surya. Gunung yang terletak di planet Mars ini dinamakan gunung Olympus Mons dengan tinggi 24 Km di atas sebuah dataran halus planet Mars. Tidak main-main, tinggi gunung ini tiga kali lebih tinggi daripada gunung Everest. Gunung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971.





 
4. Populasi Planet Mars.

Saat ini planet Mars dihuni oleh populasi robot-robot yang dikirim untuk meneliti planet ini. Jumlah total robot yang dikirim ke planet ini sekitar 7 buah robot. Robot ini dikirim untuk meneliti planet Mars menggantikan manusia. Hingga saat ini data-data yang diperoleh dari robot-robot yang dikirim ke Mars sangatlah membantu kemajuan pengetahuan akan planet ini. Tak jarang juga kita mengetahui foto-foto yang tertangkap oleh robot ini tentang keadaan planet Mars.




5. Warna Merah Planet Mars.

Planet Mars merupakan planet yang dipenuhi bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Planet Mars juga dijiluki sebagai 'planet merah'. Warnah merah dari planet Mars ini disebabkan oleh keberadaan besi(III) oksida. Karat di planet ini menutupi hampir seluruh permukaan planet Mars yang menyebabkan warna planet menjadi merah.



6. Suhu planet Mars.

Para ilmuwan melihat potensi besar bahwa planet Mars dapat dihuni oleh manusia. Para ilmuwan juga menyatakan bahwa planet ini memenuhi syarat atau kriteria sebuah planet dapat dihuni oleh manusia. Namun, apabila nantinya manusia berhasil menjadikan planet ini sebagai tempat hunian, manusia harus bersiap-siap untuk menahan dingin karena suhu rata-rata di planet ini sekitar -81 derajat Fahrenheit atau sekitar -63 derajat celcius.



7. Tanah Planet Mars.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, planet ini seluruh permukaannya ditutupi oleh bijih besi dan karat. Namun faktanya, tanah di planet Mars sangat baik untuk menumbuhkan tanaman asparagus.











8. Ilmuwan ingin memperkenalkan global warming ke planet Mars.

Untuk membantu planet Mars menjadi layak huni, ilmuwan ingin memperkenalkan global warming ke planet Mars. Hal tersebut dilakukan untuk membuat kehidupan planet Mars menjadi layak huni untuk kolonisasi. Hal ini disebabkan karena suhu di planet Mars yang terlalu dingin sehingga global warming sangat diperlukan untuk membuat planet ini menjadi lebih hangat dan nyaman untuk dihuni. 





9. Dana pembuatan sebuah film lebih besar daripada dana untuk misi pergi ke planet Mars.

Untuk membuat planet Mars menjadi layak huni berbagai misi untuk pergi ke planet Mars di lakukan, misi tersebut tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Hal ini sama dengan untuk membuat film yang berkualitas, diperlukan dana yang tidak sedikit untuk membuatnya. Salah satunya film yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney, tak segan-segan film ini menghabiskan dana mencapai 100 USD atau sekitar 1, 189 triliun rupiah, hal ini melebihi dana untuk satu misi perjalanan India ke Mars yang mengeluarkan ongkos 4,5 miliar rupee atau 890 miliar.



 10. Lebih dari 100,000 orang telah mendaftar untuk perjalanan ke Mars di tahun 2022

Tahun 2022, sebuah projek yang dinamakan Mars One memulai untuk mengkolonisasikan planet Mars. Tak tanggung-tanggung, sudah lebih dari 100,000 orang sudah mendaftar untuk perjalanan dan menetap di planet merah tersebut. Akan disiapkan beberapa kapsul sebagai tempat tinggal dan di setiap kapsul telah disiapkan makanan dan panel surya. Mereka berharap untuk memulai kehidupan di planet selain Bumi,  akan tetapi belakangan ini banyak perbincangan bahwa proyek besar ini hanya isu atau hoax,
walaupun masih bersifat hipotesis kita lihat saja deadline nya di tahun 2022 nanti.




2 komentar:

  1. fakta yang menarik skali gan,,dan membantu sekali untuk masyarakat mengetahui keadaan di planet mars

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...