Kategori

Kamis

10 Jajanan Tradisional Indonesia yang Hampir Terlupakan

1. Kue Rangi Khas Betawi 

Kue Rangi
Bentuknya mirip kue pancong atau bandros, tapi ukurannya lebih kecil. Rasanya juga jauh berbeda karena kue rangi dibuat dari bahan yang sederhana. Cuma campuran tepung kanji atau sagu tani dan kelapa parut. Setelah dipanggang, kue disajikan dengan larutan gula merah. Untuk harganya relatif sangat murah. Hanya Rp 100 tiap sekat atau Rp 1.000 tiap lembar yang terdiri dari 12 sekat kue.

2. Kue Klepon

Kue Klepon
Klepon ini termasuk jajanan tradisional yang sampai sekarang masih eksis. Terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bola-bola kecil dan berisi irisan gula merah. Bertabur kelapa parut dan kalau dimakan ada sensasi “nyess” ketika kleponnya tergigit

3. Cenil

Cenil
Cenil ini termasuk kerabatnya si Klepon, rasanya kenyal karena terbuat dari tepung kanji atau sagu tani. Warnanya cerah ceria, penyajiannya ditaburi gula pasir dan kelapa parut. Sangat enak saat menari dilidah dengan nuansa gula dan parutan kelapa yang terasa segar di lidah.

4. Getuk Lindri

Getuk lindri
Getuk lindri, penjual panganan yang terbuat dari singkong ini punya cara khas dalam menjajakannya. Gerobak getuk lindri selalu full musik, kebanyakan sih dangdut. Jadi kalau ada alunan dangdut siang2, bisa dipastikan tukang getuk lindri sedang lewat. Namun ditempat Monster Bego, kita sering menemukan penjaja getuk lindri ini di tempat jualan sayur langganan kita.

5. Kue Cucur

Kue Cucur
Kue cucur ini sekarang udah jarang di temui di tempat ane, jajanan yang terbuat dari tepung beras ini rasanya manis gula merah.

6. Kembang Goyang

Kembang Goyang
Tidak tahu kenapa mereka menyebut namanya kembang goyang. Namun di daerah Monster bego, jajanan ini di sebut jajanan Atari, yang pasti jajanan ini juga udah mulai langka, hanya muncul saat acara hari besar Idul Fitri sebagai jajanan suguhan, kenyataannya ini adalah resep tradisional yang hanya dimasak oleh keluarga seperti di rumah saya, dan tidak banyak dijual di toko-toko.

7. Clorot

Clorot
Namanya unik, bentuknya juga unik. Ada yang baru tau? Ini sejenis jenang merah dengan dibungkus daun janur (Daun kelapa yang masih muda), Hal ini bisa dimaklumi karena tidak disemua daerah ada. Ini termasuk dalam daftar jajanan yang sudah jarang kita temukan.

8. Jewawut

Jewawut
Panganan ini memang namanya agak gimanaaa gitu, tapi rasanya enak. Biasa dibikin bubur. Tapi sebenarnya ini makanan burung..

9. Gulali

Gulali
Kemanakah abang tukang gulali ini ya? Kenapa sekarang sudah menghilang! Nah Ini adalah jajanan yang paling kita gemari, rasanya manis karena dasar pembuatannya dari gula, sangat lengket. Dengan sedikit modifikasi, gulali ini disulap oleh abang yang jual menjadi aneka bentuk.

10. Awug - Awug 

Awug - Awug
Jajanan bernama unik (lagi) ini terbuat dari sagu mutiara dan kelapa. Biasanya dibungkus daun pisang. Rasanya manis, agak kenyal.

3 komentar:

  1. makanan tradisional itu enak2 semua , apalagi klepeon sama awug , getuk lindri ahh pokonya semuanya , harus di lestarikan gak boleh sampai terlupakan ..

    BalasHapus
  2. saya suka bikin getuk lindri,klepon sama awug eheh.. jadi tidak usah beli heheh

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...