Kategori

Senin

Kampungku Kebanjiran - Salah siapa?

Tetanggaku Arib Jabrik berpose dikedalaman banjir
Banjir di Kampung ku, wilayah Wendit Timur dan sekitarnya, Mangliawan - Kota Malang terasa sangat mengagetkan, curah hujan yang turun sekitar 4 jam dengan lebatnya pada hari senin 19 November 2012 ini benar-benar menjadi suatu bencana yang tidak bisa dilupakan karena dalam kurun waktu 13 tahun terakhir baru kali ini mengalami banjir yang amat sangat besar.

Mungkinkah sistem drainase saluran air yang kurang bagus, ataukah ada faktor lain yang telah berubah pada sisi belahan bumi disekitar desaku, kalo menurut para ahli geografi teman kita, itu bisa jadi karena banyaknya hutan yang ditebang secara ilegal atau ilegal logging, lokasinya yang jelas dilereng-lereng lembah di Kota Malang dimana penggudulan dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Lokasi elevasi, dan ketinggian setiap rumah juga sangat mempengaruhi pada dampak yang terjadi di setiap warga kampungku. Anggap ini sebagai teguran untuk kita semua dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sepertinya masyarakat dan pemerintah kabupaten perlu mengadakan rehabilitasi, reboisasi disekitar lahan kritis, jika dibiarkan dalam kurun waktu 10 tahun kedepan, mungkin akan menjadi bencana yang lebih besar. Kalau dianalisa secara kasat mata saja dengan curah hujan seperti itu dan dengan debit air yang tinggi sampai dimuntahkan oleh sungai yang dengan begitu derasnya sehingga menimbulkan luapan air yang tidak terarah, itu kemungkinan resapan hujan alami sudah hilang, siapa resapan alami itu...... dia adalah HUTAN (forest), yang sudah banyak ditebangi manusia-manusia.

Kita lestarikan hutan, sadarkan teman-teman kita, saudara-saudara kita, bahkan kerabat dekat kita, kalau tidak bisa disadarkan langsung jitak saja kepalanya, jika mereka tetap melakukan penggundulan hutan, maka akibatnya akan tampak seperti yang terjadi di kampungku, Lihat TRAGIS dah :

Banjir yang datang mulanya tenang! (ditengah-tengah jalan kampungku)

Banjir lalu berubah jadi arus yang deras seperti lokasi sungai Arum Jeram! (saya berdiri ditengah jalan di kampungku)

Di sudut Gang dekat rumah Pak RT terendam banjir sekitar 1 meter lebih

Tetanggaku Arib Jabrik berpose sambil senyum dikedalaman banjir

Tetanggaku Arib Jabrik berpose sambil senyum dikedalaman banjir

Foto dari So Fian : disekitar jalan kampung, tergenang hampir 1.5 meter

Foto dari So Fian  : Firman temanku membantu tetangga sebelah, terlihat Ibu Lah kaget rumahnya tergenang!

Satu hari setelah banjir, jalan aspal habis tergerus banjir!
Mungkin banjir ini kecil !?!?........ tetapi jika penggundulan hutan tetap berlangsung maka akan menjadi bencana tahunan yang lebih besar!


1 komentar:

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...