Kategori

Selasa

Cacing Guinea yang Mengerikan

Minum air kotor penyebab masuknya cacing ke tubuh.
Sudah banyak yang membahas tentang Cacing Guinea ini, namun Monster Bego menganggap semua tentang cacing ini sangat menarik, aneh, dan mengerikan, jadi kita ingin memberikan info kepada yang belum pernah mengetahuinya.

Kolam air yang sudah terkontaminasi telur Cacing Guinea.

Apa cacing guinea itu? Cacing Guinea adalah cacing yang masuk tubuh manusia melalui jalur pencerna dan keluar untuk bertelur di sungai. Proses yang muncul  6 minggu dapat menyebabkan sakit luar biasa selama kurun waktu tersebut. Hal ini jelas terlihat bahwa tidak ada manusia yang mau hidup seperti ini karena cacing guinea.

Siklus hidup cacing ini sangat aneh. Telur menetas di sungai dan beberapa tertelan oleh kutu air. Ketika orang minum air ini, kutu air kadang ikut masuk ketubuh manusia lalu dicerna dan meninggalkan telur cacing Guinea yang tetap utuh tidak dapat tercerna lalu menetas dalam usus (anehnya telur di dalam kutu yang tertelan masuk ketubuh manusia ini tidak bisa mati atau tidak terbunuh oleh asam lambung). Setelah jatuh tempo cacing tumbuh selama 3 kaki dan mencerna/memakan jalan mereka melalui kulit, biasanya di bagian bawah tubuh, cacing ini perlu 6 minggu untuk sepenuhnya muncul keluar dari kulit manusia.

Larva cacing guinea hidup di dalam tubuh kutu air. Ketika manusia minum air yang mengandung kutu air, sistem pencernaan kita untuk menghancurkannya, namun tidak membunuh larva cacing yang terus berkembang menjadi dewasa. Cacing jantan akan mati setelah kawin dalam tubuh manusia, sementara perempuan terus tumbuh dalam waktu singkat tumbuh menjadi sekitar lebih dari dua inci per minggu. Bayangkan itu?

Siklus hidup cacing Guinea
Dalam setahun cacing ini perlahan-lahan mengeluarkan diri dari tubuh manusia yang menempati pertama menjulurkan kepala di bawah kaki atau lengan manusia yang menjadi korban. Proses ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Worm lubang luka keluar akan memperbesar inci inci sake dan begitu menyakitkan. Sering kali orang terburu-buru untuk menemukan sumber air untuk merendam luka mereka, tetapi tindakan ini salah.

Siklus hidup cacing Guinea
Saat proses keluarnya cacing ini menciptakan rasa sakit yang begitu menyakitkan, ketika cacing guinea  masih di dalam tubuh manusia yang terasa dekat dengan air, itu akan melepaskan ribuan larva kemudian dimakan oleh kutu air. Dan lingkaran siklus hidup cacing ini terus berlanjut. Di era 1900-an, cacing guinea ditemukan di sebagian besar Afrika dan Timur Tengah, Asia Tengah dan Selatan.

Pengobatan penderita Cacing Guinea
Ada beberapa cara untuk menghilangkan cacing Guinea, tapi yang terbaik adalah untuk menyediakan air minum yang bersih. Sejalan dengan peningkatan air bersih, cacing ini menghilang di banyak daerah. Namun, pertengahan 1980-an masih ada sekitar 3,5 juta kasus di Asia dan Afrika. Untuk menyingkirkan itu, para ahli punya cara sederhana: untuk mengajar orang bagaimana untuk menyaring air minum (kain katun polos dapat digunakan sebagai filter) dan mencegah pasien dengan cacing yang keluar dari tubuhnya di dekat sumber air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...